Apakah Boleh Membedong Bayi?

13 Mar, 2020

Apakah Boleh Membedong Bayi?

Membedong bayi ternyata sudah menjadi kebiasaan sebagai cara untuk membuat bayi lebih tetap tenang. Membedong bayi juga dapat membuatnya terhindar dari gangguan reflex kejut yang sering dialami saat bayi baru lahir saat tidur. Hal hal yang penting untuk menjaga bedong bayi tetap aman yaitu :

  1. Membedong bayi sebaiknya dilakukan pada bayi baru lahir, jangan baru dilakukan pada usia bayi 3 atau 4 bulan karena dapat meningkatkan resiko sindrom kematian mendadak
  2. Bayi menangis saat dibedong seperti menolak, sebenernya bukan menolak hanya karna saja dia dalam Rahim ia terbiasa menaikan tangan nya kewajahnya. Sehingga, ketika tangannya di luruskan baby kan menangis dan terkesan menolak.
  3. Membendong bayi juga tentunya punya sisi negative yaitu meningkatnya resiko bayi mengalami suindrom kematian mendadak, terutama jika orang tua salah melakukan teknik dalam membendong bayi. Penting untuk selalu menempatkan bayi berbaring terlentang, bukan tengkurap. Selain itu hindari membendong bayi terlalu kencang terutama pada bagian kaki dan pinggulnya karena hal ini justru dapat menganggu perkembangannya. Membedong bayi terlalu kencang bahkan disebut dapat meningkatnya risiko untuk mengalami kaki bengkok.

Bayi biasanya sudah tidak perlu di bedong pada usai 3 sampai 4 bulan terutama jika sudah memulai menggerakannya ke samping. Mam bisa juga mencoba untuk membedong baby dengan satu tangan terangkat.

Baca juga yuk artikel tentang Bubur Bayi Instan Atau Bubur Bayi Buatan?
untuk kamu yang lagi butuh perlengkapan bayi bisa klik link ini ya

admin

Leave a Reply

*